Garden by the bay

Tujuan utama gw ke Singapore itu ke Garden by the bay (Flower dome sama Cloud forest). Ini gw semacam niat banget ya jauh-jauh ke Singapore pengen ke situ, ya namanya juga city tour lah ya.

How to get to Garden by the bay

Dari Terminal satu pokonya langsung cus ke basement Terminal dua menuju office MRT (kereta bawah tanah) beli Singapore Tourist Pass (nanti dikasih selebaran jalur MRT). Tiap terminal ada skytrain gratis. Oh iya biar gampang pas dateng langsung ambil Peta Singapore ini ngebantu gw banget. Dari MRT T2 menuju stasiun tanah merah, dari sini ada tiga jalur, buat tau mau pake kereta yang mana liat aja tujuan akhir si kereta. Kaya gw karena Bayfront jadi pilih Marina bay kan harusnya, eh tapi kok arah yang gw naikin ke Dhoby Ghaut ya? Jangan panik (taeeeeee) tinggal turun di promenade terus ganti kereta menuju Marina bay tapi turun stasiun Bayfront. Sebenernya gw bisa turun di Bugis terus pilih yang tujuan akhir ke Chinatown (tetep turun Bayfront ya), tapi mau pilih jalur yang beda pas pulang biar liat banyak tempat dong. Kalau bingung liat peta aja. Gw cuma baca tulisan blog orang akhirnya nyasar lho, kudu sambil liat peta nih. *Toyor pala sendiri*

Singapore MRT Map

Kalau mau City Tour pake bus bisa pake Hipo bus, bus tingkat dan ada yang terbuka juga. Bayar sekitar 300rb an kalau ga salah. Tadinya sih mau nyobain tapi pas udah ngelewatin pake MRT kok agak2 garing ya, jadi gw skip aja.

wpid-psx_20150821_145946.jpg
Promenade station. Stasiun gini aja bersih dan rapi banget ya. Dan arsitekturnya gw suka. Lucu2 deh.

Abis di Bayfront pilih Exit B. Dari sini ada dua pilihan mau jalan kaki apa pake Shuttle service bayar s$2 bolak balik. Elah dua dollar doang, bayar! Nuker dollar gini berasa murah ya hahahahhaha (metik duit di pohon)

wpid-psx_20150822_172545.jpg
Keluar MRT dari sebelah kanan foto, lurus langsung ada Shuttle service (beli tiket dulu ya baru antri) kalau jalan kaki ke arah kiri foto. Di belakang udah Marina bay sands.

Nanti langsung diturunin depan loket. Yang antrinya mayan juga eaaaaa Kalau males sebenernya bisa beli di Changi terminal tau, ada di peta yang gw ambil itu infonya. Klik changirecommends.com.sg aja, ada info buat sewa router segala cuma s$10/day bisa 8 devices. Gw sih kaga nyewa berhubung bacanya telat, ga butuh2 banget. Upload bisa di airport entar #halah Taunya pas nyasar bingung juga sih butuh internet hahahha tapi di Garden by the bay ada wifi gratis juga tapi gw ga bisa connect. Maaf aku katrok.

wpid-img_20150820_112416-01.jpeg
Pas di shuttle service ngelewatin ini

Anyway…

Buat masuk ke dua wahana itu bayar s$28. Pas antri ada daddy2 bule with their kids. Ya ampun anaknya unyu banget. Pengen bilang anaknya cute ke bapaknya tapi malu hahahha bulbul give me kids please (halahhhhhh) Banyak juga manula ke sini, duh gw liat itu langsung berdoa semoga pas tua entar bisa tetep jalan2 gitu ama bulbul, amin. #kemudiankangen

Flower dome

Di sini ada apaan sih? Ya bungalahhhhh hahahha

Daddy2 with their stroiller @Flower dome

Anak cowo yang di sebelah kanan lucu banget masya Allah, tapi cuma bisa foto bapaknya, belakangnya doang lagi hahaha

Flower dome @singapore wpid-psx_20150821_095934.jpgwpid-psx_20150822_193035.jpgwpid-psx_20150821_151032.jpgwpid-img_20150822_163934.jpg

wpid-psx_20150821_145608.jpg
Kasian yang selfie ya hahha sebenernya menurut gw sih orang2nya pada ramah kok, gw banyak disenyumin sama turis, baik sama chinese atau bulenya. Kalau mau minta foto juga pasti dibantuin. Tapi ya itu rada hoream oge. Ini gw niat liburan kaga sih hahaha

Bunga dimana-dimana. i was happy. Liat aja muka gw sumringah gitu di instagram hahaha Jadi menurut keterangan ada sekitar 8000 orchids di sini. Keliatan banget dirawatnya. Indahhhhh….. Abis dari sini lanjut ke cloud forest.

Cloud forest

Pas masuk langsung disuguhin air terjun dong, udah niat dari kapan tau mau pose superman terbang. Dan gagal.

wpid-psx_20150821_081816.jpg

Hahhaha aernya nyepret ih, pantesan aja banyak yang foto dari jauh. TERNYATA. Udah pake kamera depan, maksa lagi. Padahal gw bawa tongsis sama camdy tapi males gitu. Udah mah skill moto pas2an, pake kamera depan doang. Wassalam banget ya gw hahhaa.

wpid-img_20150820_121034-01.jpeg

Only asian who took photo (kata bulbul). Maksudnya selfie gitu. Gw perhatiin emang banaykan bule di sana fotonya objek di depan mata. Kalau Yang kebanyakan foto diri sendiri udah jelas pasti Asians termasuk gw hahaha tapi ga banyak2 amat sih. Males moto2 sumpah. Yang penting ga dibilang hoax aja.

Awalnya gw ga tau kenapa disebut Cloud forest, ternyata dibikin gerimis buatan, jadi berasa berkabut tempatnya. Berasa dimana gitu, lope lope deh.

 

wpid-psx_20150822_192911.jpg wpid-psx_20150822_173751.jpg wpid-psx_20150822_075307.jpgwpid-psx_20150822_172415.jpg

Dari sini naek ke atas dong, ngapain? Liat hutannya dari atas, jalan juga di jembatan2 itu. Mampus ga lo? Gw kan takut ketinggian, ya tapi masa udah jauh2 kaga dicobain. Bismillah we lah.

wpid-psx_20150822_070121.jpg
Tangga kedua. Pose seadanya.

wpid-psx_20150822_173632.jpg

 

Nanti kalau udah ngejelajah bisa masuk ke studio gitu, dijelasin keadaan bumi gimana. Pokonya sedih deh kalau ngikutin nonton (ada layar gede ngejelasin) atau baca. Earth is dying. Buat anak2 bagus nih tempat. Bulbul we should bring our children later. (tetep ye bok gw). Dari sini nanti di bawa ke Secret Garden. Semacam taman aja udah :p

wpid-img_20150820_124056.jpg

Wcnya bersih banget ya, tapi kaga ada aer bok. Jadi kalau pipis dilap pake tisu. Buat yang ga biasa kaya gw harusnya bawa tisu basah. Tapi biasanya di pojokan ada tempat buat pupup dan disediain air. Pilih itu aja udah. Di sini juga banyak tersedia air minum langsung dari keran. Ga nyobain sih, abis kerannya deket pintu masuk kamar mandi, jadi geli hahaha Kalau mau mendingan bawa botol aja. Serba mahal soalnya di sini. Gw? maleslah, beli ajalah udah hahahaha duit pas2an tetep aja yeee gini. Males ribet kan gw.

OCBC SKYWAY

Kalau ke garden by the bay ikonnya kaya si Supertree grove ini. Dinikmatin dari bawah juga bisa secara gratis, untuk Cloud forest sama OCBC skyway ini kayanya bagusan pas sore menjelang malem buat dapetin efek sendu2 bagus gitu (naon) efek lampunya sama kabutnya itu lho. Bisa search di instagram kalau kepo.

Mumpung di sini gw panjat dong si Skyway ini, bayar s$5 buat sekali naik. Mayan ya? pas bayar sih berasa murah hahahaha dari sini bisa liat Singapore dari atas, kaya Singapore flyer, Marina bay sands, Singapore river(?) Keliatan lagi bangun sana sini ni negara. Terus di sini ada turis Jepang.

wpid-psx_20150822_173002.jpg

Jadi pas mau moto anaknya, si ibu meragain harus gimana posenya. Gw ngakak liatnya hahahaha kalau suka liat drama jepang pasti tau kocaknya mereka ini. Si ibu nyuruh anaknya pose kaya di majalah dewasa gitu posenya, tangan di kepala sambil nyender pake bahasa dia yang Jepang banget. Kocak sih buat gw.

wpid-psx_20150823_125019.jpg

Dari sini gw jadi liat jalan menuju MRT. Akhirnya jadi ga pake shuttle service lagi sih, tapi jadi tau tamannya kaya gimana.

Kalau yang bawa DSLR bisa puas2in foto kayanya. Banyak spot kece. Seperti biasa gw mah males. Nikmatin ajalah.

bayfront station
Dimana ada kaca gede di situ saya foto =)) ini di stasiun bayfront

Dari sini langsung deh gw ke Bugis buat makan. Next post.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s