Category Archives: Vacation

One day escape to Singapore

(Punya waktu sehari buat googling and can’t get enough information for me who travelling alone and going abroad. Jadi kali aja postingan ini berguna buat senasib kaya gw ahhaha)

Ada yang punya kebiasaan searching harga tiket ga sih kaya gw walau sebenernya ga akan pergi kemana2? Hahahha jadi suatu hari searching ke Bangka Belitung ternyata pp sejutaan. Terus iseng liat yang ke Singapore juga, beda seratus ribu. Galau. Oh iya sekarang airport tax udah termasuk di harga tiket. Basa basi ke si bulbul, kata dia ke Belitung tar bareng aja ama dia. (Awas siah pasti gw tagih!) Hmmmm kan pengen city tour gitu SENDIRI tapi budget dua juta ga pake nginep, takut gw di hotel sendirian. Ga mau pulau Jawa, bosen (gaya). Nya enggeus mari kita kemon ke Singapore. Mana passport gw juga kan belum ada capnya dari Maret, sayang beb sayang (cetek banget alasannya). Ini juga pesen tiketnya sebulan sebelumnya. Biasanya kan gw suka googling ampe ledes kalau mau pergi2, kalau sekarang berasa sibuk banget ga sempet malehhhhh. Ribet sama urusan pribadi juga (halah). Pas ke sana banyak yang mau liburan juga, satu pesawat penuh gitu, cuma gw doang kayanya yang bawa tas satu gitu. Tapi ada banyak foreigner deng yg kaya gw (kepo) Ke sana ga boleh bawa cairan lebih dari 100mili, kalau ga tar dibuang hahha untung ada cairan softlense yang kicik.

Tapi walau ga googling banyak, sempet tau mana aja yang mau dijelajah, dulu pengen ke Garden the bay karena liat postingan letthebeastin.blogspot.com #eaaaaaa AKU PASTI KE SANA! And I Did! Alone! Dan ungkapan cewe ga bisa baca peta itu bener adanya, kebanyakan nyasar gw gara2 ga bisa baca peta hahahha well tapi karena Singapore itu negara seuprit dan semua terintegrasi jadinya gancil lah nyasar juga (jumawa) mana jadi nemu segala macem tempat. Walau mepet gw sempet liat web yoursingapore sama sleepinchangi. Intinya sih tiap mau ke suatu tempat gw cari tempat apa aja yang mau gw datengin. Karena gw cuma mau Ke Garden the bay sama City Tour aja ga belanja, jadi pilihan gw ke Garden the bay (of course), tempat makan di sono (bisa bugis, chinatown, arab street dll), patung merlion (turis banget ya bok). Ke Orchid Road? Apa yang mau gw beli? Kalau buat foto doang males gila hahahha Marina bay sand? Ga ada hepeng mak buat makan di gedung tinggi itu, ke Universal Studio juga gw blacklist karena kudu nginep gw rasa, ga enak kan ke sana ke wahana ini itu terus keburu2 sama waktu, feeling gw sih bakal balik lagi ke sana bareng si bulbul horeeeeeee hahahahha

Jadi gw kan udah check in via web, kirain bakal kaya penerbangan domestic langsung aja gitu (tahun kemaren). Taunya harus ke konter tempat check in juga walau ga bawa bagasi (maaf ya norak tapi jadi tau) buat ngeprint boarding pass. Tar tinggal langsung ke imigrasi buat dicheck. Terus terbanglah gw ke Singapore. Nanti di pesawat ada kertas buat diisi dan diperiksa pas di imigrasi Singapore. Taro di passport aja kalau udah distempel, karena pas pulang nanti harus ada itu kertas. Pesen si bulbul sih bawa passport whenever you are, gw kantongin di celana, gw foto dan taro di email juga (jaga2 aja), dan harus apal peraturan apa aja yang dilarang di negara yang dikunjungin. Singapore? Jangan makan minum di MRT, ngerokok juga dilarang. Denda? $1000 kalau ga salah hahhaha

Gw sempet ngeprint peta Singapore, install app jalur MRT juga yang sepertinya ga kepake. Pas keluar dari pesawat langsung ambil peta Singapore, lengkap kok infonya. Kalau pake Airasia yang ada di terminal 1 harus ke terminal 2, why? because i want to buy MRT card. Khusus buat turis ada Singapore tourist pass, kartu buat pake MRT sama bus unlimited kecuali buat ke Sentosa kalau ga salah. Ada beberapa pilihan kartunya karena gw cuma sehari jadi pilih yang sehari. Buat deposit di kartu s$10 isinya s$10 jadi bayar s$20. Nanti yang deposit itu bisa diambil refundnya (mayan kali seratus ribu kurang) di konter MRT nanti dikasih selebaran, lengkap info jalurnya. Kemana2 ada di situ, ya ga banyak tempat juga sih. Tapi seneng karena infonya lengkap. Karena sok sibuk gitu gw ga sempet ke money changer, mana kan rupiah nyungseb hahahaha tapi ga ada waktu buat nuker juga berhubung ga butuh duit banyak juga udahlah ya nuker di airport aja. Nuker Rp. 1.300.000 dapet s$131.30

Oh iya buat pindah dari T1 ke T2 ada skytrain gratis (kalau di Indonesia mah bis kuning), buat beli kartu MRT ada di T2 di basement. Ga akan nyasar soalnya banyak papan petunjuk. Terus naek MRT gimana? Kalau yang biasa pake busway atau commuter line gampang kayanya baca petanya. Beda sama peta Singaporenya, kenapa? Karena gw dua kali salah baca huahahhahahahaha pegel anjis kaki gw. Kalau ini sih salah gw nya ya.

MRT to Garden the bay

singapore tourist pass

Inside the MRT

Ga nyobain bus karena takut nyasar huahaha tadinya sih pengen nyobain hippo bus buat keliling kota, tapi pas dari airport ke  Garden by the bay garing gitu kotanya. Diurungkan. Ada paketnya juga keliling kota ini, 300rb an kalau ga salah. Masalah gw ke sana tuh cuma satu, BAU BADAN! idung gw sensitif banget ya. Masya Allah kenapa bisa bau ya? Bau domba lagi HUAHAHAHAHAHA mana ada bule bau juga. Kata si bulbul sih ini dari Europe biasanya, orang Amrik biasanya mandi sehari dua kali. Perasaan si bulbul keringetan banyak juga ga sebau itu. Biasa aja gitu. *eaaaaa belain pacar* Bule cewe juga gitu bau, baunya sama lagi. Etnis ini gini, bule gitu. Huft.

Jadi intinya alurnya gini: dari Indonesia siapin passport, check in buat naro bagasi atau ngeprint boarding pass baru ke imigrasi check, terus terbang, isi isian kertas (apaan sih namanya) pas di pesawat nanti juga ada kok di imigrasi check di Singapore kalau ilang atau sobek atau apa pun, turun di Terminal 1 langsung ke imigrasi check, dari situ langsung ke terminal 2 pake skytrain gratis, menuju MRT office buat beli Singapore card pass di basement, lalu bisa langsung keliling kota.

Tempat yang gw kunjungin di next post aja.

 

 

Advertisements